header Quarter Miles Journal

Object Storage: Pengertian, Kelebihan, dan Fungsinya

Post a Comment
Konten [Tampil]
object storage

Selain memiliki website dengan membeli domain dan hosting murah, pernahkah terpikir untuk memanfaatkan object storage sebagai solusi penyimpanan data penting bisnis teman Journey? Penyimpanan berbasis objek ini semakin diminati banyak pengguna komputer karena keunggulannya. Dengan object storage, pencarian data menjadi lebih mudah dibandingkan metode penyimpanan lainnya.

Meski sudah lama ada, metode penyimpanan ini tergolong baru dikenal. Namun, object storage sangat cocok untuk menyimpan data dan informasi bisnis yang besar dan tidak terstruktur (unstructured data). Dengan beralih ke object storage, bisnis dapat mengelola data lebih efisien. Penyimpanan berbasis objek memungkinkan akses data yang lebih cepat dan pengelolaan yang lebih mudah.

Selain itu, apa saja kelebihan dan fungsi dari object storage? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenali lebih dalam tentang apa itu object storage.

Mengenal Apa Itu Object Storage

Object storage, atau penyimpanan berbasis objek, adalah arsitektur penyimpanan data komputer yang dirancang untuk menangani volume besar data tidak terstruktur. Berbeda dengan arsitektur lainnya, object storage menganggap data file sebagai unit atau objek yang terpisah. Setiap objek mencakup data, metadata, dan pengidentifikasi yang memungkinkan pembedaan, pencarian, dan akses data.

Object storage dapat disimpan di server lokal (on-premise), namun lebih sering digunakan melalui server cloud yang memungkinkan akses dari mana saja via internet. Object storage cocok untuk menyimpan data dalam volume besar dengan biaya lebih terjangkau dibandingkan solusi penyimpanan lain seperti block storage.

Object storage terdiri dari tiga komponen utama berupa data seperti file media, video, audio, dan gambar. Ada juga metadata untuk menyediakan informasi kontekstual mengenai jenis, fungsi, keamanan, dan detail lain dari data dan Global Unique Identifier berupa alamat unik yang diberikan ke data dalam object storage, memungkinkan pencarian data dalam sistem terdistribusi tanpa mengetahui lokasi fisiknya.

Kelebihan Object Storage

Object storage memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya unggul dibandingkan jenis penyimpanan data lainnya. Beberapa kelebihan object storage di antaranya berupa:

1. Kapasitas Penyimpanan Besar

Object storage dapat menampung data hingga skala exabytes (EB), jauh lebih besar daripada harddisk yang hanya mencapai skala terabytes (TB). Ini memungkinkan penyimpanan data berukuran besar tanpa khawatir kehabisan ruang.

2. Kemudahan Pencarian Data

Data yang tersimpan di object storage dapat dicari dengan mudah dan fleksibel meskipun disimpan di satu tempat. Teman Journey bisa menggunakan perangkat berbeda untuk mengaksesnya selama memiliki izin akses. Selain itu, data dapat diberi tag berdasarkan jenisnya.

3. Tidak Memerlukan Folder Turunan

Object storage mengatasi masalah pengelompokan data yang tidak terstruktur dan bervariasi. Data dapat diunggah ke lokasi penyimpanan utama dan dicari dengan mudah tanpa perlu mengingat lokasi spesifik folder.

4. Cocok untuk Efisiensi Biaya

Penggunaan object storage lebih terjangkau dibandingkan file storage atau block storage. Teman Journey hanya membayar sesuai kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan, menjadikannya solusi yang hemat biaya.

5. Fleksibilitas dan Keamanan

Object storage menawarkan metode penyimpanan yang fleksibel namun tetap aman. Data dapat di-backup sehingga tidak perlu khawatir jika terhapus oleh virus atau malware. Data yang hilang dapat dipulihkan dengan cepat, memudahkan pekerjaan. Selain itu, object storage memberikan perlindungan tinggi terhadap berbagai jenis ancaman.

Fungsi Object Storage

Object storage memiliki beberapa, di antaranya untuk memudahkan pengelolaan data dengan menyimpan semuanya dalam satu lokasi tanpa perlu membaginya ke dalam folder dan media backup yang menjaga data aman dari serangan cyber dan situasi berbahaya lainnya. Data dapat dicadangkan dari komputer ke object storage sehingga bisnis teman Journey dapat terhindar dari kerugian akibat kehilangan data.

Selain itu, object storage juga dapat digunakan untuk mengarsipkan berbagai jenis data. Data yang disimpan dapat dipulihkan dengan cepat asalkan ada akses internet yang memadai. Fungsi ini memungkinkan akses data kapan saja dan di mana saja, membuat pekerjaan lebih fleksibel.

Kesimpulan

Object storage merupakan solusi penyimpanan data yang efisien dan fleksibel, cocok untuk menangani data besar dan tidak terstruktur. Keunggulannya meliputi kapasitas besar, kemudahan pencarian, dan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan metode lain, termasuk layanan domain murah yang dapat membantu menghemat anggaran teknologi teman Journey.

Selain itu, penggunaan object storage juga aman dan mendukung backup serta recovery data. Manfaatkan layanan terpercaya dari DomaiNesia untuk implementasi object storage yang optimal, memastikan data bisnis kamu dikelola dengan baik dan aman.
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment