header Quarter Miles Journal

Mengasah Kemampuan Strategic Leadership

Post a Comment
Konten [Tampil]
strategic leadership

Tidak semua orang dilahirkan dengan kemampuan sebagai seorang pemimpin, namun bukan hal yang mustahil juga untuk bisa menjadi seorang pemimpin atau leader yang baik, asalkan memang mau belajar dan terus mengasah kemampuan tersebut. Salah satunya yang harus ditingkatkan adalah kemampuan strategic leadership atau kepemimpinan strategis, istilah yang mungkin masih asing di telinga sebagian besar masyarakat.

Apa Itu Kepemimpinan Strategis?

apa itu kemampuan strategis
Kepemimpinan strategis ini adalah sebuah kemampuan yang penting untuk dimiliki, yaitu merupakan salah satu jenis kepemimpinan yang ditujukan untuk mempengaruhi orang-orang yang ada di sekitarnya, sehingga nantinya dapat merangkul visi kolektif untuk menuju keberhasilan dalam sebuah organisasi. Seorang pemimpin pada dasarnya juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang satu ini dalam bekerja, sehingga lebih efektif membawa atau mengarahkan kepada tujuan bersama dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Para pemimpin strategis pada dasarnya punya kemampuan yang unik untuk bisa menemukan sebuah strategi yang nantinya akan membantu organisasi untuk tetap kompetitif dalam pasar secara berkelanjutan. Dimana hal ini juga pastinya membutuhkan adaptasi yang berhubungan dengan teknologi, iklim yang juga senantiasa berubah, kondisi ekonomi serta masih banyak faktor yang lainnya. Hal tersebut hanya bisa terjadi ketika dipimpin oleh sosok pemimpin yang strategis saja.

Keterampilan Yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Strategis

keterampilan kepemimpinan strategis

Strategic leadership ini nantinya bisa berjalan jika seandainya seorang pemimpin memiliki beberapa jenis kemampuan penunjang berikut ini, diantaranya adalah:

1. Antisipasi 

Kemampuan yang pertama adalah antisipasi, yaitu seorang pemimpin dituntup untuk bisa mengidentifikasi sebuah peluang serta ancaman bagi perusahaan yang bisa saja terjadi kapan saja. Hal tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mencari informasi dari pelanggan serta mitra yang dimiliki untuk bisa menghadapi sebuah tantangan dalam industri tersebut. Cara lain adalah dengan menyusun sebuah skenario terburuk yang dapat terjadi di masa depan, serta bagaimana solusinya.

2. Tantangan

Selanjutnya juga dibutuhkan kemampuan yang sudah dengan adanya tantangan, bahkan menantang diri sendiri. Bukan hanya sebagai status saja, melainkan seorang pemimpin ini juga perlu menantang sebuah pemahaman atau asumsi yang dimiliki oleh dirinya sendiri terhadap orang lain. Sehingga nantinya bisa untuk melakukan evaluasi atas sudut panjangnya melalui berbagai perspektif yang ada. Guna bisa melakukan hal tersebut, maka yang dibutuhkan adalah belajar kembali mengenai asumsi-asumsi yang ada tentang sebuah industri atau organisasi lewat sebuah dialog.

3. Interpretasi

Kemampuan yang lainnya yang harus dimiliki adalah menginterpretasikan, strategic leadership juga membutuhkan sebuah kemampuan yang dapat menentang opini atau asumsi yang ada, tentunya hal tersebut ditunjukkan dengan berbagai bukti yang ada. Seorang pemimpin harus mampu untuk melihat sebuah gambaran besar dan detail terkait dengan informasi secara berkesinambungan. Juga harus dapat melibatkan berbagai pihak yang ada.

4. Mengambil Keputusan

Slanjutnya adakan kemampuan dalam pengambilan keputusan, karena sebenarnya baik itu dalam kehidupan sehari-hari, maupun juga dalam sebuah perusahaan, seseorang pasti akan dituntut untuk bisa mengambil keputusan yang besar. Tentunya pengambilan keputusan sendiri tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan dengan berbagai pertimbangan matang mengenai plus minus yang ada.

5. Menyamakan Persepsi 

Seorang pemimpin juga harus bisa untuk menyamakan persepsi antar anggotanya, karena sebagaimana yang diketahui bahwa dalam sebuah kelompok atau organisasi ini sudah pasti ada banyak isi kepala atau sudut pandang dari berbagai pihak. Sehingga penting untuk bisa menyamakan beberapa pikiran tersebut, sehingga bisa mengambil mana keputusan yang akan digunakan.

6. Belajar

Kemampuan selanjutnya adalah mau untuk terus belajar hal-hal baru, sehingga nantinya juga akan mendorong budaya pembelajaran yang ada dalam sebuah organisasi serta anggota tim yang ada didalamnya.

Asah Kemampuan Kepemimpinan Strategis Lewat Program Pelatihan Prasmul-ELI

pelatihan kepemimpinan strategis di pramus eli
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan strategic leadership, salah satunya adalah dengan mengikuti sebuah program pelatihan atau kelas yang ada di Prasmul-ELI ini, ada sebuah program khusus untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan.

Program dari Prasmul-ELI pas untuk teman Journey karena:

1. Berpengalaman, dimana Prasmul-ELI bukanlah sebuah lembaga pelatihan baru, melainkan sudah hadir selama lebih dari 30 tahun dengan beragam program pelatihan terbaik dan sertifikasi yang ditawarkan.

2. Tersertifikasi, jangan khawatir karena semua kelas pelatihan yang ada di Prasmul-ELI telah tersertifikasi, sehingga terjamin kualitasnya sesuai dengan standard dan kebutuhan peserta.

3. Bergaransi, selain itu semua kelasnya juga sudah bergaransi, jadi pasti bisa lulus dan mendapatkan sertifikat, tidak ada istilah rugi mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI.

4. Program dihadirkan secara langsung maupun online, ada dua pilihan kelas pelatihan yang ada, diantaranya adalah secara langsung dan pelatihan secara online.

Selain strategic leadership ada banyak pilihan kelas pelatihan lain untuk peningkatan Sumber Daya Manusia yang ada di Prasmul-ELI, sehingga jangan khawatir.

Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment